Tarbiyah.online | Kitab Syamail Muhammdiyah adalah sebuah kitab hadits yang merangkum segala laku dan ciri tubuh baginda Nabi SAW yang disusun oleh Imam at-Turmudzi atau Imam at Tirmidzi. Dalam postingan kami ini, kami membagi menjadi 5 bagian ikhtisar (rangkuman kitab) dengan jumlah 31 hadits.
11. CINCIN RASULULLAH
عن أنس بن مالك قال: «كان خاتم النبي صلى الله عليه وسلم
من ورق، وكان فصه حبشيا».
"Cincin Rasulullah saw. terbuat dari perak sedangkan batu
matanya dari Abessina (Habsyi)".
(Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa'id dan sebagainya,
dari `Abdullah bin Wahab, dari Yunus, dari Ibnu Syihab, yang bersumber dari
Anas bin Malik r.a.)
عن أنس بن مالك قال: «لما أراد رسول الله صلى الله عليه
وسلم أن يكتب إلى العجم قيل له: إن العجم لا يقبلون إلا كتابا عليه خاتم، فاصطنع
خاتما فكأني أنظر إلى بياضه في كفه».
"Tatkala Rasulullah saw. hendak menulis surat kepada
penguasa bangsa `Ajam (asing), kepadanya diberitahukan: "Sungguh bangsa
`Ajam tidak akan menerimanya, kecuali surat yang memakai cap. Maka Nabi saw.
dibuatkan sebuah cincin (untuk cap surat). Terbayanglah dalam benakku putihnya
cincin itu di tangan Rasulullah saw."
(Diriwayatkan oleh Ishaq bin Manshur, dari Mu'adz bin
Hisyam, dari ayahnya, dari Qatadah, yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.)
عن أنس بن مالك قال: «كان نقش خاتم رسول الله صلى الله
عليه وسلم: محمد سطر، ورسول سطر، والله سطر».
"Ukiran yang tertera di cincin Rasulullah saw adalah
"Muhammad" satu baris ,"Rasul" satu baris, dan
"Allah" satu baris".
(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Yahya, dari Muhammad
bin `Abdullah al Anshari, dari ayahnya, dari Tsumamah, yang bersumber dari Anas
bin Malik r.a.)
عن ابن عمر قال: «اتخذ رسول الله صلى الله عليه وسلم
خاتما من ورق، فكان في يده ثم كان في يد أبي بكر، ويد عمر، ثم كان في يد عثمان، حتى
وقع في بئر أريس نقشه: محمد رسول الله».
"Rasulullah membuat cincin dari perak, dulu ditangan
Rasul, kemudian ditangan Abu Bakar, dan tangan Umar, kemudian ditangan Utsman
hingga terjatuh di sumur Aris, ukiran cincin tersebut bertiliskan "
Muhammad Rasulullah "
(Diriwayatkan oleh ishaq bin mansur dari Abdulloh bin Numair dari Ubaidillah bin Umar dari Nafi' dari Ibnu Umar )
12. CARA BERCINCIN RASULULLAH
عن علي بن أبي طالب: أن النبي صلى الله عليه وسلم كان
يلبس خاتمه في يمينه
"Sesungguhnya Nabi saw. memakai cincin di jari tangan
kanannya."
(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Sahl bin `Asakir al
Baghdadi, dan diriwayatkan pula oleh `Abdullah bin `Abdurrahman, keduanya
menerima dari Yahya bin Hisan, dari Sulaiman bin Bilal, dari Syarik bin
`Abdullah bin Abi Namir, dari Ibrahim bin `Abdullah bin Hunain, dari bapaknya,
yang bersumber dari `Ali bin Abi Thalib r.a.)
13. PEDANG RASULULLAH
عن أنس قال: «كانت قبيعة سيف رسول الله صلى الله عليه
وسلم من فضة».
"Salut hulu pedang Rasulullah saw. terbuat dari perak."
(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari Wahab bin
Jarir, dari ayahnya dari Qatadah, yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.)
عن ابن سيرين قال: «صنعت سيفي على سيف سمرة بن جندب،
وزعم سمرة أنه صنع سيفه على سيف رسول الله صلى الله عليه وسلم وكان حنفيا»
"Samurah mengaku bahwa ia membuat pedangnya meniru pedang
Rasulullah saw. Sedangkan pedang Rasulullah saw. itu berbentuk
Hanafiyya*."
(Diriwayatkan oleh Muhammad bin syuja' al Baghdad,
dari Abu `Ubaidah al Haddad, dari `Utsman bin Sa'id, yang bersumber dari Ibnu
Sirin r.a.)
* Pedang Hanafiyya adalah pedang yang di buat oleh
suku Bani Hanifah. Pedang buatan Bani Hanafiah terkenal bagus dan halus
pembuatannya.
14. BAJU BESI RASULULLAH
عن السائب بن يزيد، «أن رسول الله صلى الله عليه وسلم
كان عليه يوم أحد درعان، قد ظاهر بينهما».
"Sesungguhnya Rasulullah saw. pada waktu Ghazwah Uhud
memakai dua baju besi. Sungguh beliau memakai keduanya secara rangkap."
(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi `Umar, dari Shufyan bin
`Uyainah, dari Yazid bin Khushaifah, yang bersumber dari Saib bin Yazid)
15. HELM / TOPI BESI RASULULLAH*
عن أنس بن مالك: أن النبي صلى الله عليه وسلم دخل مكة
وعليه مغفر، فقيل له: هذا ابن خطل متعلق بأستار الكعبة، فقال: «اقتلوه».
"Sewaktu Rasulullah saw. memasuki kota Mekkah
(dihari Pembebasan), beliau memakai topi besi. Kemudian ditunjukkan orang
kepadanya : `ini Ibnu Khathal* bersembunyi di dinding Ka'bah (disebabkan
takut). Nabi saw. bersabda : "Bunuhlah dia!"
(Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa'id, dari Malik bin
Anas, dari Ibnu Syihab, yang bersumber dari Anas bin Malik r.a.)
*Sebenarnya terjemahan topi besi atau helm tersebut kurang tepat
sebab yang dimaksud topi besi di sini adalah rantai besi yang dijalin rapi,
dibuat dengan ukuran kepala kemudian di pasang di dalam kopiah.
*Ibnu Khatal ialah seorang dari empat penjahat yang
amat memusuhi Islam dan tidak mendapatkan pengampunan umum dari Rasulullah saw.
Tiga lainnya ialah Huwairits bin Nuqaid, `Abdullah bin Abi Sarh dan Muqais bin
Shababah. Namun, sebelum eksekusi, `Abdullah bin Abi Sarh masuk Islam. Dengan
demikian `Abdullah bin Abi Sarh selamat dari hukuman.
16. SURBAN RASULULLAH
عن جابر قال: «دخل النبي صلى الله عليه وسلم مكة يوم
الفتح وعليه عمامة سوداء».
"Nabi saw. memasuki kota Mekkah pada waktu pembebasan kota
Mekkah, Beliau memakai serban hitam."
(Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari
`Abdurrahman bin Mahdi, dari Hammad bin Salamah. Hadist inipun diriwayatkan
pula oleh Mahmud bin Ghailan, dari Waki', dari Hammad bin Salamah, dari Abi
Zubair, yang bersumber dari Jabir r.a.)
عن جعفر بن عمرو بن حريث، عن أبيه، «أن النبي صلى الله
عليه وسلم خطب الناس وعليه عمامة سوداء».
"Sesungguhnya Nabi saw. berpidato di hadapan umat, Beliau
memakai serban hitam."
(Diriwayatkan oleh Mahmud bin Ghailan, dan
diriwayatkan pula oleh Yusuf bin `Isa, keduanya menerima dari Waki', dari
Musawir al Waraq, dari Ja'far bin `Amr bin Huraits,yang bersumber dari
bapaknya.)
17. SARUNG RASULULLAH
عن أبي بردة قال: أخرجت إلينا عائشة، كساء ملبدا وإزارا
غليظا، فقالت: «قبض روح رسول الله صلى الله عليه وسلم في هذين».
"'Aisyah r.a. memperlihatkan kepada kami pakaian yang telah
kumal serta sarung yang kasar, seraya berkata :"Rasulullah saw. dicabut
ruhnya sewaktu memakai kedua pakaian ini".
(Diriwayatkan oleh Ahmad bin Mani', dari Ismail, dari
Ayub, dari Humaid bin Hilal, dari Abi Burdah yang bersumber dari bapaknya).
عن إياس بن سلمة بن الأكوع، عن أبيه قال: كان عثمان بن
عفان، يأتزر إلى أنصاف ساقيه، وقال: «هكذا كانت إزرة صاحبي»، يعني النبي صلى الله
عليه وسلم.
"'Utsman bin Affan r.a. memakai sarung yang
tingginya mencapai setengah betisnya. `Utsman berkata : "Demikianlah cara
bersarung sahabatku (yakni Nabi saw.)".
(Diriwayatkan oleh Suwaid bin Nashr, dari `Abdullah
bin al Mubarak, dari Musa bin `Ubaidah, dari Ayas bin Salamah bin al Akwa' yang
bersumber dari bapaknya).
عن حذيفة بن اليمان قال: أخذ رسول الله صلى الله عليه
وسلم بعضلة ساقي أو ساقه فقال: «هذا موضع الإزار، فإن أبيت فأسفل، فإن أبيت فلا حق
للإزار في الكعبين».
"Rasulullah saw. memegang otot betis kakiku dan betis
kakinya, lalu bersabda: "Inilah tempat batas sarung. Jika kau tidak suka
di sini, maka boleh juga diturunkan lagi. Jika kau tidak suka juga, maka tidak
ada hak lagi bagi sarung menutup kedua mata kaki".
(Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa'id, dari Abul
Ahwash, dari Abi Ishaq, dari Muslim binNadzir, yang bersumber dari Hudzaifah
Ibnul Yaman r.a.)